Kamis, 22 September 2011

Awalnya merupakan sebuah perkumpulan mahasiswa yang memiliki hobi dan minat yang sama terhadap kegiatan alam bebas. Dari rasa kebersamaan serta kebulatan hati, pikiran, dan jiwa, akhirnya kami sepakat untuk membentuk sebuah organisasi kepencinta alam yang mana organisasi tersebut kami beri nama Divisi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Surakarta (DIMPA UNSA). DIMPA UNSA dibentuk dan diproklamirkan di Camping Ground Cemoro Sewu pada tanggal 20 Oktober 2001. Dalam pembentukan organisasi ini diikuti oleh 20 orang yang menjadi cikal bakal/ pendiri DIMPA UNSA ini, dan dalam upacara peresmiannya dihadiri oleh beberapa organisasi pecinta alam, antara lain: Mushroom (STIEYO Yogyakarta), ARFRES (Freeland Surakarta), Oriza Sativa (STIES Surakarta), dan PGL (Cemoro Sewu).
            DIMPA UNSA merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Surakarta dan merupakan satu-satunya organisasi Mapala di Universitas Surakarta. Dalam penerapannya DIMPA UNSA menekankan pada kegiatan alam bebas seperti hiking, susur pantai, susur sungai, ekspedisi alam liar dan lain-lain, walaupun menekankan pada kegiatan alam bebas, tetapi DIMPA UNSA tidak menutup kemungkinan juga mengadakan kegiatan yang berbentuk olah raga alam seperti: climbing, orienteering, wall climbing, dan lain-lain.
            Adapun kegiatan DIMPA UNSA yang telah dlaksanakan lewat program kerja Presidium, antara lain: Pendakian Massal, DIKLAT SAR, Pemantapan, Latgabsar, Donor Darah, Long March, Ulang Tahun, dan lain-lain. DIMPA UNSA merupakan relawan aktif SAR Lawu pada bulan Suro, Tahun Baru, dan Tujuh Belasan. Dan juga merupakan relawan pada saat terjadi bencana alam, adapun yang pernah terjadi seperti: Gempa Jogja, meletusnya Gunung Merapi, Tsunami Cilacap, Banjir Solo, Longsor Karanganyar, dan lain-lain.
            DIMPA UNSA merupakan organisasi yang bebas, tidak mengikat dan tidak memaksa, siapa pun bias menjadi anggota dan menjadi bagian dari keluarga besar DIMPA UNSA, untuk bersama-sama mewujudkan visi dam misi organisasi dengan syarat tercatat sebagai mahasiswa aktif di Universitas Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar